The asset manager for a changing world
man flying on a paper plane looking through a field glass central
  • Home
  • ARAH BARU MEGA TREN INVESTASI GLOBAL

ARAH BARU MEGA TREN INVESTASI GLOBAL

Blog

Richard BARWELL
 

-

Artikel ini diadaptasi dari artikel “Spotting The Mega Trends And The Potential Winners”  yang ditulis oleh Richard BARWELL, BNP Paribas Asset Management

 

Seiring dengan persiapan dunia untuk keluar dari masa pandemi, sejumlah mega tren investasi baru bermunculan dan berpotensi merubah tatanan di dunia, termasuk perubahan yang disruptive yang sudah ada sejak sebelum Covid-19 merebak. Bagi investor, inilah saatnya untuk mulai mencermati: kondisi ketidakpastian menciptakan peluang dan untuk memanfaatkannya, investor harus mampu mengidentifikasi sektor apa yang akan diuntungkan secara jangka panjang.

 Pandemi Covid19 meninggalkan berbagai pertanyaan di benak investor seperti: Apakah perubahan reaksi dan kebijakan yang diambil bank sentral dan pemerintah dalam mengendalikan perekonomian  bersifat permanen? Bagaimana dengan kebiasaan baru baik di rumah tangga maupun korporasi? Dengan munculnya varian baru, apakah kita sudah sanggup mengatasi Covid-19?

 

Singkatnya, Covid19 masih merupakan sumber ketidakpastian yang besar dan sepertinya investor sudah perlu belajar bagaimana menghadapinya.

 

Secara global, era kebijakan moneter yang longgar, inflasi dan suku bunga yang rendah belum berakhir. Namun, kami melihat pasar akan terus mempertanyakan hal ini berulang kali, yang berarti perjalanannya ke depan masih akan tetap berliku-liku.

 

BNP Paribas Asset Management (BNP Paribas AM) dalam white paper-nya memaparkan beberapa tren investasi utama yang perlu dipertimbangkan oleh investor, diantaranya sebagai berikut:

 

CHINA

Kami melihat China sebagai tema investasi dan mega tren geopolitik. China menjadi terlalu besar untuk hanya dilihat sebagai salah satu bagian dari pasar negara berkembang.

 

Adanya kemungkinan bagi China mencapai tingkat pertumbuhan sekitar 6%, sementara negara-negara di Barat mungkin masih terus berjuang untuk mencapai 2% setelah masa pemulihan berakhir, ini menandakan bahwa China mampu menjadi kekuatan utama.

 

Seiring dengan potensi ini, terdapat peluang yang potensial bagi mereka yang berinvestasi secara langsung di China. Kendati Anda tidak memiliki minat untuk berinvestasi langsung di China, Anda tetap perlu memahami seperti apa dominasi China di panggung global.

 

Pada bulan Mei 2020, China merilis Rencana Lima Tahunannya yang ke-14, untuk periode 2021-2025. Banyak informasi detil yang masih bermunculan, namun fokus utama dalam rencana tersebut adalah tentang strategi “dual circulation”  yang baru, yang bertujuan untuk menyeimbangkan antara konsumsi dan produksi (“internal circulation”) guna mengurangi ketergantungannya terhadap pasar luar negeri, sambil tetap mempertahankan posisi mereka di panggung global, meningkatkan inovasi, dan mendorong tingkat perusahaan-perusahaan di China ke posisi yang lebih atas dalam rantai nilai atau value chain (“external circulation”).

 

Bagi investor, strategi ini menyoroti beberapa tema investasi utama untuk lima tahun mendatang. Pertama, sektor-sektor yang akan mendapatkan manfaat dari tema konsumsi domestik, seiring dengan upaya China untuk terus mendorong urbanisasi dan menambah jumlah kelas menengah – atau yang disebut sektor “ekonomi baru”. Kedua, teknologi, seiring dengan usaha China untuk membangun rantai pasokan yang lebih independen di sektor ini, sebagai akibat dari ketegangan dengan AS dan sebagai pelajaran dari masa pandemi.

 

TEKNOLOGI

Kondisi pandemi telah mengakselerasi dua tema besar dalam mega tren teknologi yang kami perkirakan akan tetap mendominasi ke depannya: teleworking (kerja dari rumah) dan telemigration (remote working atau kerja jarak).

Tahun lalu merupakan “stress test” dari sistem kerja  #WFH – dan dapat dikatakan kita telah lulus dari ujian tersebut. Memang dampak dari #WFH terhadap produktivitas masih menjadi perdebatan. Tidak dipungkiri bahwa #WFH sedikit banyak membatasi pertukaran informasi dan ide antar sesama rekan kerja. Mereka yang mempunyai anak kecil di rumah, harus membagi tanggung jawab antara mengurus anak, homeschooling, dan menyelesaikan tugas kantor. Namun hasilnya menunjukkan peningkatan jam kerja yang nampak juga cukup untuk meningkatkan output kerja per karyawan.

Ada yang menarik terjadi di pasar tenaga kerja di negara maju. Jika karyawannya dapat melakukan pekerjaannya dari rumah, artinya kenapa tidak bekerja dari kota atau negara lain, seperti dari New Delhi, India? #WFH telah membuka kesempatan sistem kerja jarak jauh/ remote working (telemigration): dimana orang dapat memasok tenaga kerja tanpa harus pindah secara fisik. Hambatan signifikan yang kerap membatasi untuk masuk ke pasar tenaga kerja di negara maju akan perlahan hilang dan hal ini dapat berdampak signifikan pada upah. Jika #WFH terasa seperti keuntungan besar bagi tenaga kerja di negara maju, bisa jadi justru sebaliknya bagi remote working. Ini menjadi hal yang menarik untuk dicermati, bagaimana perusahaan dan pemerintah menangani hal ini karena perkembangannya yang semakin cepat berkat pandemi.

 

SOLUSI INVESTASI MEGA TREND

 

Melihat perkembangan investasidi kedua lini tersebut, tentunya penting bagi investor lokal untuk memahami bagaimana solusinya untuk menangkap peluang berinvestasi di mega trend investasi global ini. Simak lebih lanjut rangkaian solusi investasi di pasar global oleh PT BNP Paribas Asset Management.

 

BERINVESTASI DI BNP PARIBAS DJIM GLOBAL TECHNOLOGY TITANS 50 SYARIAH USD

 

CHINA EQUITIES STRATEGY

 

PODCAST MARKET WRAP


INVESTASI MELALUI REKSA DANA MENGANDUNG RISIKO. SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK BERINVESTASI, CALON INVESTOR WAJIB MEMBACA DAN MEMAHAMI PROSPEKTUS. KINERJA MASA LALU TIDAK MENJAMIN / MENCERMINKAN INDIKASI KINERJA DI MASA YANG AKAN DATANG.

Seluruh informasi yang terkandung dalam artikel ini disajikan dengan benar. Apabila perlu, investor disarankan untuk meminta pendapat profesional sebelum mengambil keputusan berinvestasi. Kinerja masa lalu tidak serta-merta menjadi petunjuk untuk kinerja di masa mendatang, dan juga bukan merupakan perkiraan yang dibuat untuk memberikan indikasi tentang kinerja atau kecenderungannya di masa mendatang. Pendapat yang termuat dalam artikel ini merupakan pendapat dari Manajer Investasi untuk waktu tertentu dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. PT. BNP Paribas AM tidak berkewajiban untuk memperbarui atau mengubah informasi atau pendapat yang disebutkan dalam artikel ini. Dengan memperhitungkan risiko ekonomi, risiko pasar, dan faktor risiko lainnya, tidak ada jaminan bahwa Reksa Dana ini akan mencapai tujuan investasinya. Investor mungkin tidak mendapatkan kembali nilai nominal atas investasi awal. Mohon mengacu pada Prospektus dan dokumen penawaran untuk informasi lebih lanjut (termasuk faktor-faktor risiko) mengenai Reksa Dana yang juga dapat diakses melalui situs PT. BNP Paribas AM di www.bnpparibas-am.co.id

On the same subject: