The asset manager for a changing world
BNP paribas IDX30 Filantropi Visual
  • Home
  • BNP Paribas Asset Management & Citi Indonesia Tingkatkan Peran Generasi Muda Lewat Impact Investing

BNP Paribas Asset Management & Citi Indonesia Tingkatkan Peran Generasi Muda Lewat Impact Investing

Press releases

BNP Paribas Asset Management
 

-

Dana sosial Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi sebesar Rp 1,4Miliar, dua kali lipat dari tahun lalu, yang disalurkan ke lebih dari 1.000 pemuda di 10 kota di Indonesia.

PT BNP Paribas Asset Management (PT BNP Paribas AM) bersama dengan Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) mengumumkan penyaluran donasi sebesar Rp 1,4Miliar. Donasi tersebut disalurkan untuk meningkatkan peran serta generasi muda dalam pembangunan lewat program pelatihan dengan sasaran ke lebih dari 1,000 pemuda di 10 kota di Indonesia melalui 4 organisasi non-profit yang telah terpilih. Tahun ini, jumlah donasi yang berhasil terkumpul melalui reksa dana indeks yang mengusung tema investasi berdampak (impact investing) – Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi mengalami peningkatan sebesar dua kali lipat dari jumlah donasi di tahun lalu.

Badan Pusat Statistik 2020 menyebutkan jumlah pengangguran di Indonesia semakin bertambah selama berlangsungnya pandemi COVID19, dimana sebanyak 14% (29,12 juta)1 penduduk usia kerja telah terkena dampaknya, termasuk diantaranya kaum muda berusia 15-24 tahun. Mengingat meluasnya dampak ekonomi yang dirasakan akibat kondisi pandemi yang telah berlangsung sejak bulan Februari 2020, PT BNP Paribas AM dan Citi Indonesia melihat bahwa salah satu cara mengurangi jumlah pengangguran kaum muda adalah dengan memberikan bekal kemampuan untuk meningkatkan kompetensi diri baik dalam segi kepemimpinan maupun kewirausahaan. Karena itulah, PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia bersama-sama memutuskan untuk memusatkan dukungan pada program pengembangan masyarakat melalui Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi bagi generasi muda di Indonesia. Seluruh program pengembangan kompetensi tersebut diinisiasi oleh para mitra terpilih, meliputi :

  • United Nations Children’s Fund (UNICEF) , untuk program kepemimpinan remaja “Not Too Young To Lead” di Sumbawa
  • Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW), untuk program lanjutan Kolaborasi Perempuan Pelaku Usaha Mikro & Perempuan Muda Calon Pengusaha Milenial di Aceh, Banten, Jakarta, dan Kalimantan Barat
  • Wahana Visi Indonesia (WVI), untuk program Pembangunan Desa Wisata dengan Anak Muda Sebagai Penggerak Pariwisata & Pemasaran Digital di Lombok
  • Prestasi Junior Indonesia (PJI), untuk program pelatihan kewirausahaan untuk siswa SMK “Be Entrepreneurial Program” di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar.

Presiden Direktur PT BNP Paribas AM, Priyo Santoso menjelaskan, “Kami selalu berupaya mengedukasi investor untuk turut mempertimbangkan kontribusi sosial dalam aktivitas berinvestasinya, selain return secara finansial. Salah satunya, melalui Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi hasil kolaborasi bersama Citi Indonesia ini. Kami bersyukur atas respon positif yang diterima sejak diluncurkan tahun 2019 lalu, sehingga manfaat yang diterima bisa terus meningkat setiap tahunnya.”

Seluruh program pengembangan kompetensi dan komunitas yang didanai tersebut akan berjalan mulai tahun ini, sehingga pelaksanaannya pun akan disesuaikan agar tetap memenuhi protokol kesehatan serta banyak memanfaatkan platform digital. Tak hanya berupa dana sosial, PT BNP Paribas AM dan Citi indonesia juga turut serta berkontribusi dengan melibatkan karyawannya sebagai volunteer dalam beberapa rangkaian kegiatan.

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi turut menanggapi, “Citi selalu berkomitmen untuk mendukung klien dan komunitas kami dalam menghasilkan perubahan yang positif. Manfaat yang ditawarkan oleh produk Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi sangat tepat pada situasi saat ini yang mana terjadi lonjakan pada jumlah investor pemula khususnya di kalangan generasi muda. Kalangan ini dikenal memiliki kepedulian sosial yang sangat tinggi. Oleh sebab itu produk ini dapat memberikan manfaat ganda, yaitu selain menawarkan timbal balik yang menguntungkan tapi juga memberikan kesempatan bagi para investor untuk berkontribusi pada komunitas sekitar.”

Penyaluran dana sosial dari Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi ini dilakukan secara berkala setiap tahunnya. Pemilihan organisasi pun sebelumnya melalui proses yang matang dan menyeluruh demi memastikan bahwa bantuan dapat dimanfaatkan secara tepat oleh berbagai kelompok masyarakat yang membutuhkan.

PT BNP Paribas AM dan Citi Indonesia percaya bahwa investasi yang berkelanjutan melalui impact investing menjadi solusi investasi yang relevan di masa ekonomi yang sulit seperti saat ini. Sejak diluncurkan, Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi telah menyalurkan dana sosial sebanyak empat kali. Sebelumnya, dana tersebut telah tersalurkan melalui Palang Merah Indonesia dan UNICEF Indonesia untuk bantuan darurat Pandemi COVID-19 serta melalui PPSW untuk Program Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Muda di empat kota di Indonesia. Seluruh program sosial yang didanai berfokus pada empat pilar pembangunan yaitu kemanusiaan, sosial budaya, edukasi, literasi keuangan dan pemberdayaan ekonomi.

On the same subject: