The asset manager for a changing world
Image 3
  • Home
  • BNP PARIBAS INVESTMENT PARTNERS LUNCURKAN KEMBALI REKSA DANA CAMPURAN BNP PARIBAS EQUITRA

BNP PARIBAS INVESTMENT PARTNERS LUNCURKAN KEMBALI REKSA DANA CAMPURAN BNP PARIBAS EQUITRA

Press releases

BNP Paribas Asset Management
 

.

Fitur reksa dana baru yang mencakup :

  • Alokasi aset yang aktif untuk membantu investor menghadapi kondisi pasar yang bergejolak
  • Fitur pembagian hasil investasi bulanan dalam bentuk tunai

PT. BNP Paribas Investment Partners (‘BNP Paribas IP’), bagian dari grup global BNP Paribas Asset Management, meluncurkan kembali strategi produk investasi reksa dana campuran, ‘BNP Paribas Equitra’. Reksa Dana ini hadir untuk memenuhi kebutuhan investor pemula yang ingin berinvestasi pada instrument investasi yang relatif stabil seiring dengan pergerakan pasar, dan pada saat yang bersamaan, memberikan imbal hasil bulanan melalui pembagian hasil investasi dalam bentuk tunai.

Dengan reksa dana ini investor juga tidak perlu repot memikirkan alokasi aset, karena Manajer Investasi akan melakukan alokasi aset yang aktif pada efek saham, obligasi, atau instrumen pasar uang, guna menghadapi gejolak pasar lokal maupun global. Dalam upayanya untuk memberikan hasil investasi yang lebih stabil, eksposur BNP Paribas Equitra di efek saham akan dibatasi, guna mengurangi fluktuasi akibat pergerakan pasar saham. Selain itu BNP Paribas Equitra tidak memiliki minimum pembelian sehingga sangat sesuai bagi investor pemula yang ingin mulai mencoba berinvestasi.

Vivian Secakusuma, Presiden Direktur, PT. BNP Paribas Investment Partners mengatakan, “Sebelumnya strategi BNP Paribas Equitra hanya fokus untuk meminimalisir risiko. Namun, melihat kondisi pasar yang terus berubah, investor kini menginginkan produk yang dapat memberikan imbal hasil yang lebih stabil bagi investasi mereka. Kami juga menambahkan fitur pembagian imbal hasil secara tunai setiap bulannya kepada para investor. BNP Paribas Equitra kini telah tersedia di 13 bank mitra distribusi kami dan 3 perusahaan sekuritas on-line, sehingga membuat produk ini mudah diakses bagi para calon investor”.

“Kami menerima tanggapan yang positif dari para mitra distribusi kami, dimana sejak strategi baru tersebut dijalankan, jumlah dana kelolaan reksa dana telah berkembang hingga 107% dalam 2 (dua) bulan, atau  mencapai Rp 105,31 miliar di akhir Januari 2018. Dengan pengelolaan alokasi aset yang aktif, kinerja investasi reksa dana sangat bersaing. Kami berharap perkembangan reksa dana ini dapat terus berlanjut” ujar Vivian.

“BNP Paribas IP terus berkomitmen untuk mendukung upaya Pemerintah Indonesia mengembangkan industri pasar modal dan untuk meningkatkan jumlah basis investor reksa dana. Untuk mendukung komitmen tersebut. BNP Paribas Equitra adalah produk investasi mikro, yang tidak memiliki jumlah minimal pembelian.  Melalui jalur distribusi kami dan fitur dari reksa dana ini, kami yakin reksa dana ini dapat menarik bagi investor pemula yang memiliki profil risiko konservatif hingga moderat dengan horison investasi jangka pendek hingga menengah.” tutup Vivian.

BNP Paribas Equitra adalah reksa dana campuran dengan eksposur yang terbatas pada efek saham guna mengurangi dampak volatilitas pergerakan pasar saham, agar investor dapat memperoleh hasil yang relatif stabil sesuai dengan perkembangan pasar. Reksa dana ini memiliki fitur pembagian hasil dalam bentuk tunai setiap bulannya dengan tingkat imbal hasil dan jumlah yang disesuaikan dengan kebijakan Manajer Investasi dan dilakukan berdasarkan upaya terbaik. Reksa dana ini dapat dibeli tanpa jumlah pembelian minimumdan sesuai untuk investor pemula yang ingin mulai berinvestasi melalui reksa dana atau mencari alternatif investasi lain selain deposito. BNP Paribas Equitra pertama kali diluncurkan pada tanggal 10 Oktober 2005.

Tentang PT. BNP Paribas Investment Partners 

PT. BNP Paribas Investment Partners merupakan salah satu perusahaan manajer investasi terkemuka di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1992. Perusahaan menawarkan jasa pengelolaan investasi  bagi nasabah baik institusi maupun ritel, dalam bentuk kontrak pengelolaan dana maupun reksa dana(1). Perusahaan juga bekerja sama dengan beberapa bank  dan perusahaan Efek terkemuka di Indonesia dalam memasarkan reksa dananya. Dengan didukung oleh lebih dari 50 (lima puluh) tenaga kerja profesional, perusahaan memiliki total dana kelolaan dan advis sebesar Rp 30,29 triliun(2).  dan telah mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan manajer investasi terbaik di Indonesia dari berbagai media regional diantaranya  Perusahaan Asset Management Terbaik dari The Asset di tahun 2010, 2011, 2012, 2014 dan 2015; “Fund House of the Year – Indonesia” oleh Asian Investor di tahun 2012; dan ““Best Fund House – Indonesia” oleh Asia Asset Management di tahun 2008 and 2009;

(1) Untuk informasi lebih lanjut, mohon kunjungi website kami di www.bnpparibas-ip.co.id 

(2) Sumber: PT. BNP Paribas Investment Partners, per 31 Januari 2018

Media contacts:

PT. BNP Paribas Investment Partners

Maya Kamdani

+62 21 252 1574

+62815-1908-7852

Maya.kamdani@bnpparibas-ip.co.id

Media contacts:

Cognito Communications

Robert Sanjaya

+62 21 739 9928

+62 813-876-10964

robert@cognito.co.id

PERHATIAN

MANAJER INVESTASI TERDAFTAR DAN DIAWASI OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN. INVESTASI MELALUI REKSA DANA MENGANDUNG RISIKO. CALON INVESTOR WAJIB MEMBACA DAN MEMAHAMI PROSPEKTUS SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK BERINVESTASI MELALUI REKSA DANA. KINERJA MASA LALU TIDAK MENCERMINKAN KINERJA MASA DATANG.

Dokumen ini dibuat dan dipersiapkan oleh PT. BNP Paribas Investment Partners* yang merupakan bagian dari BNP Paribas Investment Partners (BNPP IP)**. Dokumen ini dibuat hanya untuk memberikan informasi dan bukan merupakan: 1. Suatu bentuk penawaran untuk membeli atau permintaan untuk menjual atau dijadikan dasar dari atau yang dapat dijadikan pedoman sehubungan dengan suatu perjanjian atau komitmen apapun atau  2. Suatu nasehat investasi.

Dokumen ini merupakan referensi untuk instrumen keuangan tertentu (‘’Instrumen Keuangan’’) yang disahkan dan diatur dalam yuridiksi dimana Instrumen Keuangan tersebut dibentuk.  Tidak ada tindakan yang perlu diambil dalam melakukan penawaran umum dari Instrumen Keuangan tersebut di wilayah yuridiksi lainnya, kecuali disebutkan di dalam prospektus terbaru, dokumen penawaran atau materi informasi lainnya, sebagaimana telah tersedia, dari Instrumen Keuangan tersebut yang relevan apabila tindakan tersebut perlu diambil, khususnya, di Amerika Serikat, bagi warga negara Amerika Serikat (dimana ketentuan tersebut diatur di dalam Peraturan huruf S Pasar Modal Amerika Serikat  tahun 1933). Sebelum melakukan suatu pembelian di dalam suatu negara dimana Instrumen keuangan tersebut terdaftar, investor wajib memeriksa seluruh kendala atau larangan yang mungkin ada dalam kaitannya dengan pembelian, kepemilikan atau penjualan Instrumen Keuangan tersebut.

Investor yang mempertimbangkan untuk membeli Instrumen Keuangan tersebut wajib membaca dengan seksama di dalam prospektus terbaru, dokumen penawaran atau materi informasi lainnya dan memahami laporan keuangan terbaru dari Instrumen Keuangan tersebut. Prospektus, dokumen penawaran atau informasi lainnya dari Instrumen Keuangan tersebut yang tersedia di kantor lokal BNPP IP, jika ada, atau dari pihak marketing dari Instrumen Keuangan tersebut.

Pendapat yang termuat dalam dokumen ini merupakan pendapat dari PT. BNP Paribas Investment Partners untuk waktu tertentu dan dapat berubah-ubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. PT. BNP Paribas Investment Partners tidak berkewajiban untuk memperbarui atau mengubah informasi atau pendapat yang disebutkan dalam dokumen ini. Investor harus berkonsultasi dengan penasihat hukum dan pajak mereka sehubungan dengan nasehat-nasehat hukum, akuntansi, domisili dan perpajakan sebelum melakukan investasi ke dalam Instrumen Keuangan tersebut sehubungan dengan pengambilan keputusan yang independen atas kesesuaian dan relevansi dari investasi tersebut, jika diperbolehkan untuk melakukan transaksi. Mohon diperhatikan bahwa berbagai jenis investasi, apabila ada dalam dokumen ini, melibatkan berbagai tingkatan risiko dan tidak terdapat jaminan bahwa investasi tertentu cocok, sesuai atau menguntungkan bagi investor atau calon investor dari investasi portofolio ini.   

Dengan memperhitungkan risiko ekonomi dan risiko pasar, tidak ada jaminan bahwa Instrumen Keuangan ini akan mencapai tujuan investasinya. Imbal hasil dapat dipengaruhi  oleh, antara lainnya, strategi atau tujuan investasi dari Instrumen Keuangan ini dan juga kondisi pasar dan kondisi ekonomi, termasuk kondisi tingkat suku bunga, periode pasar dan kondisi pasar secara umum. Perbedaan strategi yang diterapkan ke dalam Produk Investasi ini dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap gambaran hasil dalam dokumen ini. Kinerja masa lalu bukan suatu pedoman untuk kinerja masa datang dan nilai investasi dalam Instrumen Keuangan dapat menurun atau meningkat. Investor mungkin tidak mendapatkan kembali nilai nominal atas investasi awal. Data Kinerja, sebagaimana berlaku, tercermin dalam dokumen ini, tanpa memperhitungkan biaya komisi, atau biaya lainnya yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan kembali dan perhitungan pajak.

* PT. BNP Paribas Investment Partners (alamat: World Trade Center Building, Lantai 5, Jl. Jend Sudirman Kav.29-31, Jakarta 12920 – INDONESIA).  ** “BNP Paribas Investment Partners” adalah merek dagang global dari BNP Paribas group aset manajemen. Badan hukum aset manajemen tersendiri dalam BNP Paribas Investment Partners yang disebutkan dalam dokumen ini, (apabila ada) hanya untuk informasi dan dapat tidak memiliki kegiatan usaha dalam yuridiksi anda. Untuk informasi lebih lanjut, mohon dapat menghubungi Investment Partner lokal yang terdaftar.

On the same subject: