BNP AM

The asset manager for a changing world

Circular economy
Berita perusahaan | Article - 2 menit

Pengukuran Indikator ESG di BNP Paribas Asset Management

Bagaimana membaca ESG Score dan Carbon Footprint ?

Kami telah menambahkan transparansi informasi pada Factsheet Reksa Dana BNP Paribas yang mengintegrasikan kriteria Lingkungan (Environment), Sosial (Social) dan Tata Kelola (Governance) / ESG ke dalam proses investasi dengan menyertakan dua indikator baru yaitu Skor ESG (ESG Score) dan Jejak Karbon (Carbon Footprint). Berikut adalah penjelasan mengenai arti dari kedua indikator tersebut, sehingga Anda dapat mengukur bagaimana kontribusi investasi Anda terhadap aspek Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola.

Metodologi ESG yang digunakan oleh BNP Paribas Asset Management bertujuan untuk memperoleh Skor ESG Perusahaan berdasarkan evaluasi kinerja suatu perusahaan vs. kinerja perusahaan yang sejenis atas serangkaian topik utama ESG yang terkait dengan Lingkungan (misalnya perubahan iklim), Sosial (misalnya pengelolaan sumber daya manusia) dan Tata Kelola (misalnya independensi dan kompetensi direksi). Kami menggunakan beberapa sumber penelitian dan sumber data (seperti Sustainalytic, ISS & Trucost) untuk menentukan Skor ESG suatu perusahaan.

ESG Contribution/ Kontribusi ESGESG Total Score/ Total Skor ESGCarbon Footprint / Jejak Karbon
Indikator relatif yang mengukur kinerja perusahaan atas aspek ESG vs. peers atau perusahaan sejenis. Perusahaan dinilai memiliki kontribusi positif (atau negatif terhadap indikator ESG) jika kinerja perusahaan tersebut lebih baik (atau lebih buruk) daripada rata-rata perusahaan yang sejenis. Penilaian atas suatu perusahaan dilakukan untuk masing-masing pilar Lingkungan (Environment), Sosial (Social) dan Tata Kelola (Governance) / ESG.
Kontribusi E, S dan G yang ditampilkan pada Factsheet reksa dana berada pada tingkat kesatuan portofolio dan merupakan rata-rata tertimbang (weighted average) dari kontribusi masing-masing efek pada portofolio reksa dana.
Setiap perusahaan memiliki skor awal yang ‘netral’ dengan nilai 50.
Kami menambahkan nilai Kontribusi ESG terhadap nilai 50 tersebut, sehingga menghasilkan skor akhir perusahaan antara 0 hingga 99. Total Skor ESG portofolio yang ditampilkan pada Factsheet reksa dana adalah rata-rata tertimbang (weighted average) dari skor ESG seluruh efek yang yang memenuhi syarat di dalam portofolio/tolok ukur.
Bisa juga dipahami sebagai 50 ditambah total Kontribusi ESG
Jejak karbon adalah jumlah karbon atau gas emisi yang dihasilkan oleh suatu emiten, baik secara langsung (yang dikeluarkan dari fasilitas emiten), maupun secara tidak langsung (sehubungan dengan konsumsi energi suatu emiten).
Jejak karbon dinyatakan dalam ton ekuivalen karbondioksida (CO2) per tahun dan per juta Euro yang diinvestasikan. Trucost adalah penyedia data kami untuk informasi gas emisi.

Sumber : PT BNP Paribas AM, Mar 2023

Perlu diperhatikan bahwa indikator yang dicantumkan pada Factsheet adalah pengukuran di level reksa dana sebagai suatu kesatuan portofolio dan dibandingkan dengan tolok ukur masing-masing reksa dana.

Di BNP Paribas Asset Management, kami berupaya untuk mencapai hasil investasi jangka panjang yang berkelanjutan bagi nasabah kami, sekaligus memberikan dampak positif bagi lingkungan, perekonomian dan kehidupan masyarakat. Kami percaya dengan mengintegrasikan pertimbangan Lingkungan (Environment), Sosial (Social) dan Tata Kelola (Governance) / ESG ke dalam rangkaian strategi investasi kami, dapat membantu kami untuk memitigasi risiko dan analisis peluang dengan lebih baik, sehingga keputusan investasi juga dapat didasarkan pada kualitas informasi yang lebih baik.

Disclaimer

INVESTASI MELALUI REKSA DANA MENGANDUNG RISIKO. SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK BERINVESTASI, CALON INVESTOR WAJIB MEMBACA DAN MEMAHAMI PROSPEKTUS. KINERJA MASA LALU TIDAK MENJAMIN / MENCERMINKAN INDIKASI KINERJA DI MASA YANG AKAN DATANG. Artikel ini dapat mengandung bahasa yang bersifat teknis. Oleh karena itu, artikel ini bukan ditujukan kepada pembaca tanpa pengalaman / pengetahuan investasi secara profesional. Seluruh informasi yang terkandung dalam artikel ini disajikan dengan benar. Apabila perlu, investor disarankan untuk meminta pendapat profesional sebelum mengambil keputusan berinvestasi. Kinerja masa lalu tidak serta-merta menjadi petunjuk untuk kinerja di masa mendatang, dan juga bukan merupakan perkiraan yang dibuat untuk memberikan indikasi tentang kinerja atau kecenderungannya di masa mendatang. Pendapat yang termuat dalam artikel ini merupakan pendapat dari Manajer Investasi untuk waktu tertentu dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. PT. BNP Paribas AM tidak berkewajiban untuk memperbarui atau mengubah informasi atau pendapat yang disebutkan dalam artikel ini. Dengan memperhitungkan risiko ekonomi, risiko pasar, dan faktor risiko lainnya, tidak ada jaminan bahwa Reksa Dana ini akan mencapai tujuan investasinya. Investor mungkin tidak mendapatkan kembali nilai nominal atas investasi awal. Mohon mengacu pada Prospektus dan dokumen penawaran untuk informasi lebih lanjut (termasuk faktor-faktor risiko) mengenai Reksa Dana yang juga dapat diakses melalui situs PT. BNP Paribas AM di www.bnpparibas-am.co.id

Wawasan terkait

Pengumuman Pengendalian Gratifikasi &Penerapan Prinsip Anti Penyuapan di Lingkungan PT BNP Paribas AM
BNP Paribas Asset Management : Inklusi adalah Kunci Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi