BNP AM

The asset manager for a changing world

PT BNP Paribas Asset Management (PT BNP Paribas AM) berkomitmen penuh untuk menyebarluaskan manfaat dan penerapan dari Investasi Berdampak (Impact Investing) kepada investor. Solusi investasi ini penting untuk menunjukkan bagaimana industri keuangan dapat memberikan manfaat secara sosial kepada masyarakat dan lingkungan secara jangka panjang selain tetap mengupayakan potensi hasil investasi secara finansial.

Di tahun ini, salah satu reksa dana PT BNP Paribas AM yang secara eksklusif tersedia di seluruh jaringan Citi Indonesia, Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi, telah berhasil mengumpulkan dana sosial senilai Rp 1,9 Miliar. Nilai ini merupakan kenaikan sebesar 35% dibandingkan dengan tahun 2021 dimana terkumpul dana sosial sebesar Rp 1,4 Miliar. Hal ini menunjukkan minat dan kepercayaan investor terhadap produk investasi berdampak yang juga semakin meningkat.

Dana sosial tersebut rencananya akan didistribusikan kepada lima organisasi non profit yang dipilih di tahun ini untuk mendanai program pengembangan kompetensi daerah. Program yang dijalankan pada tahun ini berfokus kepada peningkatan kemampuan para petani lokal dan kapasitas generasi muda di dunia usaha serta literasi digital. Seluruh rangkaian program pengembangan kompetensi dijalankan di 8 (delapan) wilayah di Indonesia, meliputi Papua, Aceh, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sumba Barat Daya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, dan Banten, melalui organisasi sebagai berikut : 

  • Kopernik, untuk program ekowisata sagu berbasis komunitas di desa Yoboi, Papua.
  • United Nations Children’s Fund (UNICEF), melalui program partisipasi aktif remaja dalam strategi pembangunan multi pihak yang melibatkan dunia usaha.
  • Wahana Visi Indonesia, lewat program petani berdaya dan berwawasan ekonomi inklusif, desa yang sehat dan tangguh
  • Prestasi Junior Indonesia, untuk program kaum muda cerdas digital.
  • Yayasan Karang Widya, untuk program pemberdayaan pemuda rentan melalui pelatihan pertanian organik (petani muda millenial). 

Dana sosial ini merupakan bukti nyata kontribusi dan kepedulian para investor dengan berinvestasi lewat Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi.

Sejak tahun 2020 BNP Paribas IDX30 Filantropi telah menyalurkan dana sosial dengan total lebih dari Rp 4 Miliar. Beberapa program yang dijalankan sebelumnya dan berdampak positif terhadap masyarakat meliputi pemberdayaan perempuan muda melalui UMKM, program pembangunan desa wisata di Lombok dengan anak muda sebagai penggerak pariwisata dan pemasaran digital, program pelatihan kewirausahaan untuk siswa SMA/K, serta bantuan penanganan COVID-19. 

Disclaimer

INVESTASI MELALUI REKSA DANA MENGANDUNG RISIKO. SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK BERINVESTASI, CALON INVESTOR WAJIB MEMBACA DAN MEMAHAMI PROSPEKTUS. KINERJA MASA LALU TIDAK MENJAMIN / MENCERMINKAN INDIKASI KINERJA DI MASA YANG AKAN DATANG.

Seluruh informasi yang terkandung dalam artikel ini disajikan dengan benar. Apabila perlu, investor disarankan untuk meminta pendapat profesional sebelum mengambil keputusan berinvestasi. Kinerja masa lalu tidak serta-merta menjadi petunjuk untuk kinerja di masa mendatang, dan juga bukan merupakan perkiraan yang dibuat untuk memberikan indikasi tentang kinerja atau kecenderungannya di masa mendatang. Pendapat yang termuat dalam artikel ini merupakan pendapat dari Manajer Investasi untuk waktu tertentu dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. PT. BNP Paribas AM tidak berkewajiban untuk memperbarui atau mengubah informasi atau pendapat yang disebutkan dalam video ini. Dengan memperhitungkan risiko ekonomi, risiko pasar, dan faktor risiko lainnya, tidak ada jaminan bahwa Reksa Dana ini akan mencapai tujuan investasinya. Investor mungkin tidak mendapatkan kembali nilai nominal atas investasi awal. Mohon mengacu pada Prospektus dan dokumen penawaran untuk informasi lebih lanjut (termasuk faktor-faktor risiko) mengenai Reksa Dana yang juga dapat diakses melalui situs PT. BNP Paribas AM di  www.bnpparibas-am.co.id.

Wawasan terkait