BNP AM

The asset manager for a changing world

Woman with globe and poppy

Terlepas dari mobilitas warga yang perlahan kembali normal usai pandemi COVID19, kesenjangan akses pendidikan antara daerah-daerah maju dan daerah-daerah di kawasan tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) masih menjadi tantangan di Indonesia. Data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengungkapkan 50% anak-anak di luar Jawa tidak terlayani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) daring dikarenakan ketiadaan sarana teknologi yang dimiliki siswa, yang pada akhirnya mengakibatkan anak putus sekolah. Kondisi ini menjadi tantangan besar dalam proses pembelajaran bagi siswa dari keluarga dengan ekonomi terbatas

Terkait hal ini, Reksa Dana Syariah BNP Paribas Pesona Syariah turut membantu pemenuhan kebutuhan dan sarana belajar bagi anak-anak sekolah dari kalangan keluarga ekonomi terbatas di beberapa wilayah di Indonesia Timur. Dana sosial sejumlah Rp 100,000,000,- disalurkan melalui Yayasan Benih Baik didistribusi sebagai bantuan biaya sekolah, seiring dengan telah dimulainya kembali Pembelajaran secara Tatap Muka (PTM).

Sebaran lokasi penerima dana sosial ini mencakup siswa/i sekolah tingkat SMA atau sederajat dari kalangan keluarga pra-sejahtera di empat (4) wilayah di Indonesia timur termasuk Sulawesi Selatan, Maluku, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.

Bantuan ini merupakan wujud tanggung jawab yang dilakukan secara berkala dalam melakukan mekanisme pembersihan kekayaan Reksa Dana Syariah dari unsur-unsur yang bertentangan dengan prinsip Syariah di pasar modal, dimana salah satu pilar dana sosialnya adalah pendidikan [1]. Sebelumnya pada tahun ini juga, Reksa Dana Syariah BNP Paribas Pesona Syariah juga telah mendistribusikan dana sosial untuk membantu siswa/i yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Referensi

[1] Sumber : POJK 33 Tahun 2019 Pasal 61 

Perhatian

INVESTASI MELALUI REKSA DANA MENGANDUNG RISIKO. SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK BERINVESTASI, CALON INVESTOR WAJIB MEMBACA DAN MEMAHAMI PROSPEKTUS. KINERJA MASA LALU TIDAK MENJAMIN / MENCERMINKAN INDIKASI KINERJA DI MASA YANG AKAN DATANG.

Seluruh informasi yang terkandung dalam artikel ini disajikan dengan benar. Apabila perlu, investor disarankan untuk meminta pendapat profesional sebelum mengambil keputusan berinvestasi. Kinerja masa lalu tidak serta-merta menjadi petunjuk untuk kinerja di masa mendatang, dan juga bukan merupakan perkiraan yang dibuat untuk memberikan indikasi tentang kinerja atau kecenderungannya di masa mendatang. Pendapat yang termuat dalam artikel ini merupakan pendapat dari Manajer Investasi untuk waktu tertentu dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. PT. BNP Paribas AM tidak berkewajiban untuk memperbarui atau mengubah informasi atau pendapat yang disebutkan dalam video ini. Dengan memperhitungkan risiko ekonomi, risiko pasar, dan faktor risiko lainnya, tidak ada jaminan bahwa Reksa Dana ini akan mencapai tujuan investasinya. Investor mungkin tidak mendapatkan kembali nilai nominal atas investasi awal. Mohon mengacu pada Prospektus dan dokumen penawaran untuk informasi lebih lanjut (termasuk faktor-faktor risiko) mengenai Reksa Dana yang juga dapat diakses melalui situs PT. BNP Paribas AM di  www.bnpparibas-am.co.id.

Wawasan terkait

21:47 MIN
Market Outlook : Market Wrap December "Defining the Road to Resilience"
Paribas Asset Management : Inklusi adalah Kunci Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi