Investment Academy

Keuangan Tetap Ideal Memasuki Fase ‘New Normal’, Gimana Caranya?






Keuangan Tetap Ideal Memasuki Fase ‘New Normal’, Gimana Caranya?
 
Memasuki era New Normal, tentunya ada banyak hal yang perlu diadaptasikan, terutama cara mengatur keuangan. Apalagi, dengan meningkatnya tren belanja online, yang membuat kita sering kali tergoda membeli atas dasar keinginan, bukan kebutuhan
 
Simak tips dari BNP Paribas AM Indonesia berikut ini agar keuangan tetap ideal, dan terhindar dari boros yang bikin tekor finansial!

1.  Tatanan hidup baru, finansial yang baru!
Hindari pemborosan. Kondisi dimana semua tidak menentu, kita harus bisa cepat beradaptasi dengan mengurangi belanja konsumtif. Pelajari kebiasaan yang kamu miliki di waktu sebelumnya dan perbaiki dari situ.

2.  Evaluasi pos pengeluaran!
Membeli apapun yang kamu inginkan itu boleh-boleh saja. Namun, alangkah baiknya perbanyak pos tabungan dan dana darurat dulu untuk saat ini. Di kondisi normal, kita merekomendasikan kamu harus punya dana darurat 3x dari total pengeluaran bulanan kamu dalam bentuk dana yang likuid. Di era new normal, sebaiknya diperbanyak lagi jadi 6x total pengeluaran. Susah? Pastinya, tapi tidak ada kata terlambat untuk memulai.

3.  Cari peluang untuk tambahan pemasukan dan passive income!
Tak ada salahnya kan, mencoba bisnis sampingan yang bisa menambah pemasukan? Contohnya, kalau kamu hobi memasak, coba promosikan masakanmu di sosial media. Keuntungannya, bisa kamu kembangkan melalui instrumen investasi seperti reksa dana.
 
Itulah kunci utama agar keuangan kamu tetap ideal di saat new normal. Mana saja yang sudah kamu lakukan? J
 
Follow akun Twitter @BNPPAM_ID untuk mengetahui lebih lanjut edukasi keuangan dan tips berinvertasi.