Investment Academy

#AwalYangNyaman Memilih Produk Investasi yang Tepat!





#AwalYangNyaman Memilih Produk Investasi yang Tepat!
 
Menuju finansial yang stabil di masa pandemi, tentunya kita harus yakin untuk memulai dengan #AwalYangNyaman. Ada banyak hal yang perlu dipelajar dan dipahami bagi kamu yang baru atau ingin memulai investasi. Mulai dari tujuan, strategi, hingga jangka waktu. Perlahan tapi pasti, asalkan kita selalu punya motivasi untuk selalu mempelajari dari sumber yang valid.
 
Simak rangkuman berikut ini agar kamu tidak terjebak dengan pilihan yang salah.
1. Jangan tergoda keuntungan berlipat dalam waktu cepat
Sebagai investor yang bijak, kita harus tau kalau semua butuh proses. Apalagi keuntungan berlipat, mana mungkin bisa didapatkan dalam sekejap. Harus tetap fokus dan benar-benar cermat dalam memilih Manajer Investasi yang berintegritas, dengan produk-produk yang tentunya sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Optimalkan investasimu dengan strategi Dollar Cost Averaging
Sederhananya, investasi secara rutin dalam jumlah yang sama. Metode ini bisa bantuin kamu untuk berinvestasi lebih nyaman di awal karena tidak langsung menggunakan milai yang besar atau Lump Sum.

3. Uangmu sebaiknya diinvestasikan ke instrumen yang diverifikasi
Misalnya kamu dapat melakukan diverifikasi dengan berinvestasi ke produk reksa dana pasar uang dan reksa dana saham, emas, obligasi, properti, atau lainnya.

4. Sisihkan uang untuk tabungan & investasi sebelum pengeluaran
Consistency is key. Dengan rutin berinvestasi setiap mendapatkan pemasukan, pertumbuhan finansial kamu akan lebih cepat dan juga melatih diri sendiri untuk lebih disiplin. Sekali menabung, dua tiga keuntungan terlampaui.

5. Kenali profil risiko, tepat memilih produk reksa dana
Hindari memaksakan memilih produk yang tidak sesuai profil risikomu, agar lebih nyaman menuju kebebasan finansial yang memang sesuai dengan karakteristikmu. Jika kamu seorang konservatif, jangan memaksakan diri untuk membeli produk investasi yang bersifat agresif hanya karena ikut-ikutan.

6. Agar yakin, pastikan kamu tau informasi yang valid
 
Selamat berinvestasi dan jangan ragu untuk bertanya ya
 
Follow akun twitter @BNPPAM_ID untuk mengetahui lebih lanjut edukasi keuangan dan tips berinvestasi