The asset manager for a changing world
Woman_landscape_minimalist_ISR_ESG_1584x396
  • Home
  • Investasi Ramah Lingkungan Lewat Reksa Dana Berbasis ESG

Investasi Ramah Lingkungan Lewat Reksa Dana Berbasis ESG

Blog, Videos

BNP Paribas Asset Management
 

-

Lewat Investasi ESG, ternyata sebagai investor kita juga bisa berinvestasi sambil berkontribusi untuk keberlangsungan lingkungan dan sosial. Jadi, apa itu ESG?

Investasi merupakan bentuk tanggung jawab kita untuk diri sendiri, menyiapkan #AwalYangNyaman untuk masa depan dengan menyisihkan sebagian dari hasil kerja keras kita untuk dinikmati di masa depan.

Sayangnya, banyak anggapan bahwa mereka yang berinvestasi hanya mengejar return/ imbal hasil setinggi-tingginya secara finansial tanpa memperhatikan dampaknya terhadap sosial, lingkungan sekitar, maupun aktivitas ekonominya secara jangka panjang. Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Penilaian yang dilihat dari dampak terhadap lingkungan sekitar, termasuk sosial dan lingkungan sebetulnya bisa menjadi salah satu aspek penting bagi investor dalam menentukan keputusan berinvestasi.

Belakangan ini, istilah investasi hijau (green investment) atau investasi yang berkelanjutan (sustainable investment) atau investasi ESG / Investasi berbasis ESG (ESG investment) kian populer. Ternyata sebagai investor, kita juga bisa berinvestasi sambil berkontribusi untuk keberlangsungan lingkungan dan sosial.

Tren investasi ESG semakin kuat belakangan ini dan saat ini masih dimotori oleh investor asing. Apalagi dengan berlangsungnya krisis akibat Pandemi COVID-19 ini, seakan menjadi wakeup call bagi banyak perusahaan di negara maju untuk lebih memikirkan strategi bisnis yang akan mereka lakukan, bagaimana dampak sosial dan lingkungannya serta bagaimana menjaga keberlanjutannya. Hal inipun tercermin pada hasil survei BNP Paribas AM dengan Lembaga Independen Greenwich Associates, 2020* di Eropa, 81% responden sudah menerapkan investasi ESG di portofolio mereka. Sementara itu, kesadaran pentingnya mempertimbangkan aspek sosial dalam berinvestasi naik 20% sejak COVID-19.

Meskipun mulai populer, dalam survei yang sama ditemukan adanya hambatan bagi investor untuk berinvestasi dengan mempertimbangkan faktor sosial. Dua hambatan yang jelas muncul dari penelitian ini, yaitu: “kurangnya metrik yang ditetapkan / standar” (42%) dan “kurangnya kejelasan tentang apa yang termasuk dalam investasi yang bertanggung jawab secara sosial” (31%).

Jadi, apa itu investasi ESG? Sederhananya, investasi ESG adalah investasi yang memperhatikan dampak sosial dan lingkungan yang positif, di samping pengembalian (return) finansial. Implementasinya, investasi ini berfokus ke perusahaan-perusahaan yang mengutamakan dan memperhatikan 3 aspek, yaitu ESG:

  • Environment : bagaimana perusahaan memperhatikan dampak dari kegiatan usaha mereka terhadap lingkungan sekitarnya, seperti pengelolaan limbah, sampah, polusi, dsb;
  • Social : bagaimana perusahan tersebut menyeimbangkan hak dan kewajiban karyawannya dari aspek sosial, seperti upah, kesetaraan gender, dsb;
  • Governance : bagaimana perusahaan tersebut melakukan tata kelola yang baik, terstruktur dan transparan.

Analoginya, memilih investasi ESG sama halnya seperti memilih membawa kantong belanja sendiri yang baik untuk lingkungan ketimbang plastik sekali pakai.

Manfaat utama dari penerapan kriteria investasi ESG dalam berinvestasi yang paling dapat dirasakan adalah membantu mengurangi dampak isu/kontroversi yang mungkin menimpa suatu perusahaan/emiten dalam portofolio investasi, akibat praktik E atau S atau G yang buruk. Mengapa? Karena secara historis, kontroversi tersebut berdampak negatif terhadap harga saham ataupun obligasi dari emiten yang terkena. Sehingga dengan adanya filter pada investasi ESG ini, portofolio investasi bisa relatif lebih stabil dalam jangka panjangnya.

Nilai tambahnya, ketika investor memilih investasi ESG, artinya investasi yang dilakukan hari ini juga berdampak dan bertanggung jawab untuk keberlangsungan esok hari (jangka panjang). Tak hanya dari segi pengelolaan risiko dan kinerjanya, tetapi juga dampak yang lebih baik untuk kehidupan generasi mendatang.

Lalu, bagi investor pemula yang ingin berinvestasi ramah lingkungan, di mana harus mencari produk investasi ESG tersebut? Investor tidak perlu khawatir karena reksa dana yang bertemakan investasi ESG kini semakin mudah ditemukan di Indonesia, salah satunya melalui reksa dana yang dikelola oleh PT. BNP Paribas AM.

BNP Paribas AM secara group memiliki komitmen kuat terhadap sustainable investment. Rekam jejak kami dimulai pada tahun 2002 di Eropa saat kami pertama kalinya meluncurkan reksa dana SRI dan inovasi terus berlanjut hingga kini kami juga memiliki tim riset ESG yang lengkap di Eropa.

Sementara itu, di Indonesia, sejak 2016 lalu, PT BNP Paribas AM menjadi manajer investasi yang pertama yang menggabungkan prinsip investasi ESG dengan prinsip syariah, melalui peluncuran reksa dana syariah berbasis efek luar negeri yang pertama di Indonesia, yaitu Reksa Dana Syariah BNP Paribas Cakra Syariah USD. Reksa Dana ini telah mendapatkan penghargaan “Best Islamic Product” oleh Asia Asset Management tahun 2017 dan 2020. Setelah itu, di tahun 2019, kami kembali meluncurkan reksa dana bertemakan investasi ESG kami lainnya, yaitu Reksa Dana Indeks BNP Paribas SRI Kehati, bekerja sama dengan Yayasan Kehati dan telah mengantarkan Yayasan Kehati sebagai partner hingga meraih penghargaan Sustainable Investment In Action Award 2021 dan kemudian dilanjutkan dengan peluncuran Reksa Dana Syariah BNP Paribas Greater China Equity Syariah USD yang kami luncurkan pada tahun 2020 serta telah mendapat penghargaan “Fund Launch of the Year 2021” oleh Asia Asset Management.

Dengan peluncuran produk di atas, saat ini, kami sudah memiliki 3 Reksa Dana kami yang bertemakan investasi ESG (onshore dan offshore) dengan pertumbuhan AUM yang baik, yaitu sekitar Rp 4 triliun per Desember 2020, naik 4x dari Rp 927 miliar di Desember 2019. Rekam jejak investasi ESG dalam produk investasi yang kami terapkan di Indonesia juga telah diakui lewat penghargaan yang kami terima sebagai “ESG Asset Management Company of the Year, Indonesia” oleh The Asset tahun 2020.

Kami percaya, melalui investasi ESG, We are the future makers! Sudah saatnya. kita berinvestasi bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk lingkungan dan masa depan generasi berikutnya.

On the same subject: