The asset manager for a changing world
P2003005_Great_Instability_Earth_Profit_1200x627
  • Home
  • Keeping up with a changing world

Keeping up with a changing world

Blog

BNP Paribas Asset Management
 

-

Dunia secara terus menerus berevolusi, dan sekarang perubahan ini menjadi katalis untuk inovasi teknologi yang belum pernah ada sebelumnya. Ketika terdapat begitu banyak disrupsi, haruskah investor menerima revolusi?

 Panta rei, ‘semuanya mengalir’, ungkap Heraclitus, seorang filosof Yunani. Ia mengabadikan konsep kebutuhan mendasar untuk perubahan yang berlaku untuk apapun. Perubahan memungkinkan semangat bertahan, evolusi, kemajuan – bagi perusahaan, ekonomi, negara, bahkan bagi makhluk hidup terkecil di bumi sekalipun.

Transformasi tidak dapat dihindari. Sudah menjadi bagian dari sifat manusia untuk selalu melihat ke depan, dan tuntutan akan produk dan layanan yang lebih baik, lebih efisien, terjangkau, dan dapat diandalkan, menyebabkan perusahaan untuk meningkatkan apa yang sudah ada dan menciptakan sesuatu yang belum ada. Perubahanlah yang dapat menyebabkan untung atau rugi (karena sangat sulit diprediksi). Jadi, di era The Great Instability, ketika keterkaitan faktor politik, ekonomi, dan sosial berada di level yang tertinggi, bagaimana investor dapat menyikapi dunia yang terus berubah ini?

LANGKAH DAN PENCAPAIAN

Lima puluh tahun lalu, ada seorang laki-laki yang berhasil mendarat di bulan untuk pertama kalinya, menjadi sebuah pencapaian fisik dan teknologi yang belum pernah terpikirkan hingga saat itu. Hari ini, prosesor smartphone yang kita miliki lebih canggih dibandingkan sistem yang digunakan pada saat pencapaian bersejarah tersebut. Laju inovasi yang didorong oleh perkembangan teknologi telah maju sangat pesat dan tanpa henti, dan dunia menjadi tempat yang berbeda bahkan dari satu dekade yang lalu. Seiring dengan evolusi perangkat keras dan perangkat lunak, kemampuan kita memanfaatkan potensi teknologi pun juga turut berkembang untuk meningkatkan lebih banyak aspek kehidupan kita.

Selain itu, banyak perusahaan yang enggan berhenti begitu saja untuk melampaui ekspektasi konsumen. Mereka terus melakukan penelitian untuk menginspirasi kemajuan di generasi mendatang. Di area seperti transportasi, energi, dan layanan kesehatan, inovasi dan AI (Artificial Intelligence) memungkinkan perkembangan yang tak terbayangkan sebelumnya dan mampu menjadi terobosan baru bagi masyarakat saat ini.

MEMBENTUK NEW NORMAL

Krisis iklim telah menuntut adanya transformasi yang signifikan ketika wabah COVID-19 muncul. Dalam menanggapi pandemi dan dampak turunannya, banyak sektor berusaha menafsirkan apa arti new normal bagi mereka dan bagaimana beradaptasi dengan aturan dan perilaku yang baru. Transportasi, gaya hidup, kesehatan, energi, pendidikan, bahkan keuangan dan investasi, semua menghadapi potensi disrupsi seiring penyesuaian kebiasaan di masyarakat dan proses pemulihan di berbagai sektor yang mulai berjalan.

Oleh karena itu, beberapa bulan kedepan akan menjadi momen penting bagi banyak pihak dan bisa menciptakan peluang bagi para inovator untuk memanfaatkan perubahan pada permintaan (demand) pasar. Di sisi lain, seperti ajaran Newton, ‘setiap aksi menciptakan reaksi yang berimbang dan berlawanan’. Ketika perubahan menciptakan ruang bagi inovasi, mereka yang tidak beradaptasi ke arah tersebut sudah pasti akan jauh tertinggal.

PERMAINAN YANG MENGGIURKAN…

Perubahan tidak selalu baik atau buruk. Namun, menyamakan apa yang ditawarkan perusahaan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen juga tidak mudah. Inovasi bukan untuk mereka yang ragu, dan investasi yang dibutuhkan serta risiko yang mungkin terjadi tidaklah selalu jelas. Bagi mereka yang berhasil, seringkali hasilnya sangat besar tetapi tidak berlangsung lama, karena akan selalu ada orang yang mencari ‘versi 2.0’ dari inovasi pertama. Tentu kita masih ingat dengan merek Blackberry, Blockbuster dan Kodak? Mereka dulu adalah pelopor dan inovator di bidangnya masing-masing, namun peruntungan mereka berubah ketika pihak lain melakukan disrupsi dan mengambil alih dominasi.

…DENGAN PEMENANG YANG TERUS BERGANTI

Inovasi menjadi medan pertempuran kompetitif yang utama di hampir setiap sektor, terlihat dengan semakin banyaknya perusahaan yang berisiko mengalami kemunduran atau bahkan ketinggalan zaman. Namun ketakutan ini pula yang mendorong banyak pihak lain untuk melakukan perubahan signifikan dan ikut terjun dalam permainan.

Loyalitas kini semakin susah diperoleh dan konsumen punya lebih banyak sarana untuk menyampaikan kekecewaannya terhadap produk atau layanan yang digunakan. Karena itulah, fokus terhadap data konsumen juga perlu untuk ditingkatkan.

Namun, tidak semua perusahaan mampu melakukan hal ini, selain karena faktor biaya dan waktu. Jadi, perlu dipahami bahwa mengakses dan memahami tren dan opini dari berbagai sumber, selain masukan dari internal – adalah bahan bakar utama untuk melakukan inovasi di sektor mana pun. Tetapi, tidak selalu perusahaan terbesar atau pembiayaan terbesar mampu membuat terobosan penting. Perusahaan kecil sangat mungkin melihat peluang tersebut dan kemudian memanfaatkan momentum untuk berinovasi dan membuatnya tumbuh dengan pesat (contohnya, aplikasi Zoom).

BEBERAPA KEMUNGKINAN

Terlepas dengan perubahan yang terus terjadi, masih ada ruang untuk membuat asumsi yang masuk akal, terutama soal dampak pandemi.

Konsumen telah dipaksa untuk mengurangi atau meninggalkan kebiasaan belanja, makan di luar, atau bepergian. Pengeluaran jadi lebih banyak dialihkan secara online, sebagaimana dibuktikan dengan data di bulan April dan Mei, e-commerce mengalami pertumbuhan hingga 60% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Bahkan ketika kebijakan lockdown direlaksasi di banyak negara, pandemi ini telah mempercepat penetrasi e-commerce selama dua tahun, dan kebiasaan baru mungkin menyebabkan pergeseran secara permanen ke pasar online.

Kalangan milenial yang semakin berpengaruh dan penikmat teknologi yang terus bertambah, menuntut adanya pengalaman online yang makin personal. Sehingga, bagi perusahaan yang ingin berhasil di segmen ini, harus siap dengan realitas baru bergaya social-distance dengan fasilitas belanja yang “minim-kontak”, tidak berbelit, serta pengalaman offline dan online yang dipadukan secara original dan lebih personal.

INSTABILITY PRODUCES OPPORTUNITY

Peta kondisi saat ini sangat kompleks. Laju perubahan yang cepat dan cakupan sektor yang luas bisa menawarkan peluang dan juga risiko, antara keberhasilan yang temporer atau kesuksesan yang tahan lama. Perkembangan yang dapat merevolusi suatu sektor secara permanen tidaklah mudah untuk dikenali, apalagi untuk mengenali peluang itu sebelum mereka menjadi berita ‘lama’.

Berinvestasi dalam inovasi membutuhkan dedikasi dan pemahaman tentang dinamika di dalamnya. Oleh karena itu, BNP Paribas Asset Management selalu memegang prinsip untuk melakukan investigasi sebelum menentukan apakah investasi yang akan dilakukan sudah cocok dengan tujuan yang ingin dicapai.

Tim ahli kami menawarkan solusi investasi yang dapat membantu Anda merasakan manfaat dari perubahan masif pada lanskap investasi. Kami senantiasa siap membantu investor menavigasi di era yang serba tidak pasti dan tidak stabil ini melalui identifikasi potensi-potensi yang memiliki prospek di masa depan.

 


Keeping up with a changing world

The world is constantly evolving, and nowadays this change is a catalyst for unprecedented technological innovation. When there is so much potential for disruption, should investors embrace the revolution?

Panta rei, ‘everything flows’, said the Greek philosopher Heraclitus, eternalising the concept of a fundamental need of change that applies to anything. Change allows survival, evolution, progress – for the smallest living being on earth as well as for any country, economy or company.

Transformation is inevitable. It’s human nature to look ahead, and the demand for better, more efficient, affordable and reliable goods or services leads companies to improve what exists already and invent what doesn’t. Change is where fortunes are made and lost (as it’s quite unpredictable). So, especially in the era of The Great Instability, when political, economic and social variables are interconnected as never before, how can investors successfully approach an ever-changing world?

STEPS AND MILESTONES

Fifty years ago, man first landed on the moon – a physical and technological step unthinkable until then. Today, our smartphone processors are stronger than the systems that made that historic event possible. The rate of innovation led by technology has been broad and relentless, and the world looks very different from even just a decade ago. As hardware and software evolve, so does our ability to harness their potential to improve more aspects of our lives.

Furthermore, many companies don’t just stop at exceeding consumer expectations, but keep researching to inspire a whole new generation of advancements. In areas such as transport, energy and healthcare, innovation and AI are enabling previously unimaginable developments that are ground-breaking for our society.

SHAPING THE NEW NORMAL

The climate crisis was already calling for significant transformation when COVID-19 made its appearance. Following the pandemic and the related response, many sectors are determining what the new normal means for them and how to adapt to new rules and behaviours. Transport, leisure, healthcare, energy, education, and even finance and investing, all face the prospect of disruptive change as people adjust and recovery takes shape.

Therefore, the next few months could be crucial for the future for many and create an opportunity for innovators to capitalise on evolving demands. On the other hand, as Newton taught us, ‘every action has an equal and opposite reaction’. When change creates room for innovation, those that don’t move in that direction will undoubtedly be left behind.

A TEMPTING GAME…

Change isn’t always good or bad. But, aligning a company’s offer to what consumers want and need is not easy. Innovation is not for the faint-hearted and it’s not always clear what it takes in terms of investment and risk. For those who succeed, the rewards are high but often short-lived, as people are continuously looking for ‘version 2.0’. Remember Blackberry, Blockbuster and Kodak? Once giants and innovators in their respective fields, they saw their fortunes change as others disrupted sectors that they once dominated.

…WITH UNCERTAIN WINNERS

So, innovation is becoming a key competitive battleground in nearly every sector, with many companies risking going backwards or potentially becoming obsolete. But it’s also this fear that pushes many others to embrace significant changes and play the game.

Loyalty is harder to achieve these days and consumers have more tools to be vocal when disappointed. Therefore, significant focus is being driven towards customer data.

This is a time-consuming and expensive luxury that not all companies can afford. So, accessing and understanding trends and opinion from various sources, not just in-house customer feedback, is the fuel for innovation in any sector. But it’s not always the biggest or best-financed firms that make crucial breakthroughs. A small company might see an opportunity and act on it, letting them grow at significant speed (zoom for example).

SOME LIKELY SCORES

Despite ongoing change, it’s still possible to make some reasonable assumptions – especially due to the impact of the recent pandemic.

Consumers have been forced to abandon or reduce their habits of shopping, eating out or travelling. Most of the spending has shifted online, as proven by the fact that, in April and May, e-commerce grew by 60% compared to the same period in 2019. Even if lockdown measures are easing in many countries, the pandemic has accelerated e-commerce penetration by two years, and the new habits could cause a permanent shift towards online markets.

The increasingly influential millennials (and tech-comfortable consumers in general) are becoming ever more demanding of a tailored online experience. So, any company attempting to succeed in this new, socially-distanced reality will have to offer contactless, uncrowded shopping options and leisure opportunities, and blend physical and digital experiences in original and personalised ways.

INSTABILITY PRODUCES OPPORTUNITY

As usual, the picture is one of dizzying complexity. The pace of change and the breadth of sectors to cover can offer opportunities and risks, temporary springboards or long-lasting successes. The developments that can revolutionise a sector for good aren’t always easy to spot, let alone to spot before they are yesterday’s news.

As investing in innovation takes dedication and understanding of the dynamics involved, never has the BNP Paribas Asset Management ethos of investigating before investing been so suited to the purpose.

Our team of experts offers investment solutions that can help you benefit from the massive shift in the investment landscape. We can help investors through the haze of uncertainty and instability by identifying those leading lights that will shine brightly tomorrow.

Any views expressed here are those of the author as of the date of publication, are based on available information, and are subject to change without notice. Individual portfolio management teams may hold different views and may take different investment decisions for different clients. The views expressed in this podcast do not in any way constitute investment advice.

The value of investments and the income they generate may go down as well as up and it is possible that investors will not recover their initial outlay. Past performance is no guarantee for future returns.

Investing in emerging markets, or specialised or restricted sectors is likely to be subject to a higher-than-average volatility due to a high degree of concentration, greater uncertainty because less information is available, there is less liquidity or due to greater sensitivity to changes in market conditions (social, political and economic conditions).

Some emerging markets offer less security than the majority of international developed markets. For this reason, services for portfolio transactions, liquidation and conservation on behalf of funds invested in emerging markets may carry greater risk.

On the same subject: