The asset manager for a changing world
Image 17
  • Home
  • PT. BNP PARIBAS INVESTMENT PARTNERS MELUNCURKAN REKSA DANA PERTAMA DENGAN INVESTASI GLOBAL

PT. BNP PARIBAS INVESTMENT PARTNERS MELUNCURKAN REKSA DANA PERTAMA DENGAN INVESTASI GLOBAL

Press releases

BNP Paribas Asset Management
 

.

Image 17
PT. BNP Paribas Investment Partners (PT. BNPP IP) hari ini mengumumkan peluncuran Reksa Dana Syariah BNP Paribas Cakra Syariah USD (BNP Paribas Cakra Syariah USD), reksa dana lokal pertama di Indonesia yang memberikan eksposur pasar internasional bagi para investor domestik. Reksa Dana yang pada tanggal 16 Februari 2016 mengeluarkan Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan perdana di US$1 ini mayoritas akan berinvestasi pada sahamsaham global yang memenuhi prinsip Syariah.

“Berkat dukungan dari regulator dan bank kustodian serta mitra distribusi, kami bangga untuk menjadi perusahaan manajer investasi pertama di Indonesia yang meluncurkan reksa dana Syariah jenis baru ini. Kami percaya bahwa kerjasama kami dengan para pelaku industri yang berpengalaman akan memastikan kelancaran hadirnya produk inovatif ini di tengah investor,” jelas Vivian Secakusuma, Presiden Direktur dari PT. BNPP IP.

BNP Paribas Cakra Syariah USD akan dikustodikan dan diadministrasikan oleh Citi Indonesia, yang juga akan menangani semua penyelesaian transaksi aset-aset Reksa Dana di seluruh dunia, dengan memanfaatkan pengalaman mereka sebagai penyedia layanan global window.

“Citi sangat senang dapat bekerjasama dengan PT. BNP Paribas Investment Partners dan menjadi bank kustodian pertama yang mendukung hadirnya reksa dana Syariah global yang baru ini di Indonesia. Peluncuran BNP Paribas Cakra Syariah USD merupakan langkah signifikan bagi Indonesia karena akan menawarkan kesempatan baru bagi investor untuk mengakses peluang investasi di pasar modal global,” ucap David Russell, Regional Head of Securities Services, Citi, APAC.

PT. BNPP IP juga akan berkolaborasi dengan Citi Indonesia dan Standard Chartered Bank Indonesia untuk mendistribusikan Reksa Dana ini kepada Investor. Menurut Batara Sianturi, Chief Executive Officer, Citi Indonesia, “Kami bangga menjadi bank pertama yang dapat menawarkan reksa dana saham Syariah luar negeri ini. Kekuatan kami di bidang Wealth Management dan Global Banking akan melengkapi Reksa Dana ini sebagai solusi bagi nasabah High Net Worth Individuals dan affluent kami di segmen Citigold dalam mendiversifikasikan portofolio mereka”.

Shee Tse Koon, Chief Executive Officer, Standard Chartered Bank Indonesia, berkomentar, “Sebagai salah satu bank internasional yang telah melayani masyarakat Indonesia selama 152 tahun, Standard Chartered terus berupaya untuk selalu memberikan yang terbaik kepada para nasabah kami melalui rangkaian produk berinovasi tinggi yang sesuai dengan kebutuhan mereka, seperti BNP Paribas Cakra Syariah USD yang akan menjadi salah satu produk unggulan kami”.

Terhitung mulai 16 Februari 2016, investor dapat mengakses BNP Paribas Cakra Syariah USD di Agen Penjual Efek Reksa Dana yang berpartisipasi melalui proses transaksi yang sama seperti reksa dana terbuka lainnya di Indonesia. PT. BNPP IP juga berencana untuk menambah kerjasama dengan mitra distribusi lainnya untuk memasarkan Reksa Dana ini kedepannya.

Vivian menambahkan, “PT. BNP Paribas Investment Partners berkomitmen penuh dalam berinovasi untuk memenuhi kebutuhan nasabah kami dalam kondisi yang terus berubah ini. Atas dasar tersebut, strategi baru yaitu alokasi pada saham-saham global ini merupakan cara kami untuk memberikan alternatif solusi investasi bagi investor Indonesia yang membutuhkan investasi dalam mata uang USD. Dalam mengelola Reksa Dana, kami menerapkan proses investasi dan kapabilitas riset yang kuat yang didukung oleh jaringan global kami. Proses yang unik ini akan memastikan bahwa hanya perusahaan yang memenuhi prinsip Syariah dengan perilaku bertanggung jawab yang akan dipilih. Kami percaya bahwa menggabungkan prinsip Syariah dengan prinsip sustainable dan responsible dalam proses pemilihan saham akan memberikan nilai jangka panjang bagi investor.”

Reksa Dana ini sesuai untuk portofolio USD inti investor dikarenakan fokusnya pada pasar negara maju yang secara historis memiliki volatilitas lebih rendah dibandingkan pasar negara berkembang, dengan diversifikasi lebih lanjut pada berbagai negara dan sektor. Peluncuran Reksa Dana ini akan lebih memperkuat posisi PT. BNPP IP sebagai manajer investasi terkemuka yang mengelola salah satu reksa dana saham Syariah terbesar di Indonesia, Reksa Dana Syariah BNP Paribas Pesona Syariah.

___________________________________________

Mengenai Reksa Dana Syariah BNP Paribas Cakra Syariah USD 
BNP Paribas Cakra Syariah USD adalah Reksa Dana saham Syariah yang akan berinvestasi dalam instrumeninstrumen global, dengan fokus utama pada pasar negara maju seperti Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang. Pengelolaan reksa dana ini akan dilakukan oleh tim investasi yang mengelola Reksa Dana Syariah BNP Paribas Pesona Syariah, reksa dana saham Syariah BNP Paribas yang telah memenangkan berbagai perhargaan. Secara global, BNP Paribas Investment Partners telah memiliki pengalaman dan keahlian teknis dalam mengelola produk investasi Syariah. Reksa dana ini sesuai bagi investor di Indonesia yang sudah memiliki dana dalam Dolar AS dan memerlukan diversifikasi pada portofolio investasi domestik mereka.

Mengenai PT. BNP Paribas Investment Partners
www.bnpparibas-ip.co.id
PT. BNP Paribas Investment Partners merupakan salah satu perusahaan manajer investasi terbesar di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1992. Perusahaan menawarkan jasa pengelolaan investasi bagi nasabah baik institusi maupun ritel, dalam bentuk kontrak pengelolaan dana maupun reksa dana. Perusahaan juga bekerja sama dengan beberapa bank dan perusahaan Efek terkemuka di Indonesia dalam memasarkan reksa dananya. Dengan didukung oleh lebih dari 50 (lima puluh) tenaga kerja profesional, perusahaan memiliki total dana kelolaan dan advis sebesar Rp 31,43 triliun (1). Perusahaan telah sering menerima penghargaan sebagai perusahaan manajemen investasi terbaik di Indonesia oleh berbagai media regional, diantaranya “Asset Management Company of The Year – Indonesia” oleh The Asset di tahun 2010, 2011, 2012, 2014 dan 2015; “Fund House of the Year – Indonesia” oleh Asian Investor di tahun 2012; dan “Best Fund House – Indonesia” oleh Asia Asset Management di tahun 2008 and 2009.
(1) Sumber: PT. BNP Paribas Investment Partners, per 30 Desember 2015

Mengenai BNP Paribas Investment Partners
BNP Paribas Investment Partners adalah spesialis manajemen investasi dari Grup BNP Paribas dan merupakan suatu entitas dari divisi International Financial Services BNP Paribas. BNP Paribas Investment Partners menawarkan serangkaian layanan manajemen aset yang lengkap bagi investor korporasi maupun individual di seluruh penjuru dunia. BNP Paribas Investment Partners mengadopsi pendekatan yang fokus pada nasabah dan memiliki tiga lini bisnis : Institusional, Distribusi serta Asia Pasifik & Negara Berkembang. BNP Paribas Investment Partners memiliki lebih dari 3.000 karyawan di 35 negara, termasuk 700 tenaga investasi profesional, yang masing-masing memiliki keahlian pada suatu kelas aset atau tipe produk tertentu, dan dana kelolaan dengan total EUR 535 miliar (1) .
(1) Sumber: BNP Paribas Investment Partners, per akhir November 2015, dana kelolaan and advis

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.bnpparibas-ip.co.id

PERHATIAN

MANAJER INVESTASI TERDAFTAR DAN DIAWASI OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN. INVESTASI MELALUI REKSA DANA MENGANDUNG RISIKO. CALON INVESTOR WAJIB MEMBACA DAN MEMAHAMI PROSPEKTUS SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK BERINVESTASI MELALUI REKSA DANA. KINERJA MASA LALU TIDAK MENCERMINKAN KINERJA MASA DATANG.
Dokumen ini dibuat dan dipersiapkan oleh PT. BNP Paribas Investment Partners* yang merupakan bagian dari BNP Paribas Investment Partners (BNPP IP)**.
Dokumen ini dibuat hanya untuk memberikan informasi dan bukan merupakan:
  1. Suatu bentuk penawaran untuk membeli atau permintaan untuk menjual atau dijadikan dasar dari atau yang dapat dijadikan pedoman sehubungan dengan suatu perjanjian atau komitmen apapun atau
  2. Suatu nasehat investasi.
Dokumen ini merupakan referensi untuk instrumen keuangan tertentu (‘’Instrumen Keuangan’’) yang disahkan dan diatur dalam yuridiksi dimana Instrumen Keuangan tersebut dibentuk.
Tidak ada tindakan yang perlu diambil dalam melakukan penawaran umum dari Instrumen Keuangan tersebut di wilayah yuridiksi lainnya, kecuali disebutkan di dalam prospektus terbaru, dokumen penawaran atau materi informasi lainnya, sebagaimana telah tersedia, dari Instrumen Keuangan tersebut yang relevan apabila tindakan tersebut perlu diambil, khususnya, di Amerika Serikat, bagi warga negara Amerika Serikat (dimana ketentuan tersebut diatur di dalam Peraturan huruf S Pasar Modal Amerika Serikat tahun 1933). Sebelum melakukan suatu pembelian di dalam suatu negara dimana Instrumen keuangan tersebut terdaftar, investor wajib memeriksa seluruh kendala atau larangan yang mungkin ada dalam kaitannya dengan pembelian, kepemilikan atau penjualan Instrumen Keuangan tersebut.
Investor yang mempertimbangkan untuk membeli Instrumen Keuangan tersebut wajib membaca dengan seksama di dalam prospektus terbaru, dokumen penawaran atau materi informasi lainnya dan memahami laporan keuangan terbaru dari Instrumen Keuangan tersebut. Prospektus, dokumen penawaran atau informasi lainnya dari Instrumen Keuangan tersebut yang tersedia di kantor lokal BNPP IP, jika ada, atau dari pihak marketing dari Instrumen Keuangan tersebut.
Pendapat yang termuat dalam dokumen ini merupakan pendapat dari PT. BNP Paribas Investment Partners untuk waktu tertentu dan dapat berubah-ubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. PT. BNP Paribas Investment Partners tidak berkewajiban untuk memperbarui atau mengubah informasi atau pendapat yang disebutkan dalam dokumen ini. Investor harus berkonsultasi dengan penasihat hukum dan pajak mereka sehubungan dengan nasehat-nasehat hukum, akuntansi, domisili dan perpajakan sebelum melakukan investasi ke dalam Instrumen Keuangan tersebut sehubungan dengan pengambilan keputusan yang independen atas kesesuaian dan relevansi dari investasi tersebut, jika diperbolehkan untuk melakukan transaksi. Mohon diperhatikan bahwa berbagai jenis investasi, apabila ada dalam dokumen ini, melibatkan berbagai tingkatan risiko dan tidak terdapat jaminan bahwa investasi tertentu cocok, sesuai atau menguntungkan bagi investor atau calon investor dari investasi portofolio ini.
Dengan memperhitungkan risiko ekonomi dan risiko pasar, tidak ada jaminan bahwa Instrumen Keuangan ini akan mencapai tujuan investasinya. Imbal hasil dapat dipengaruhi oleh, antara lainnya, strategi atau tujuan investasi dari Instrumen Keuangan ini dan juga kondisi pasar dan kondisi ekonomi, termasuk kondisi tingkat suku bunga, periode pasar dan kondisi pasar secara umum. Perbedaan strategi yang diterapkan ke dalam Produk Investasi ini dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap gambaran hasil dalam dokumen ini. Kinerja masa lalu bukan suatu pedoman untuk kinerja masa datang dan nilai investasi dalam Instrumen Keuangan dapat menurun atau meningkat. Investor mungkin tidak mendapatkan kembali nilai nominal atas investasi awal.
Data Kinerja, sebagaimana berlaku, tercermin dalam dokumen ini, tanpa memperhitungkan biaya komisi, atau biaya lainnya yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan kembali dan perhitungan pajak.
* PT. BNP Paribas Investment Partners (alamat: World Trade Center Building, Lantai 5, Jl. Jend Sudirman Kav.29-31, Jakarta 12920 – INDONESIA).
** “BNP Paribas Investment Partners” adalah merek dagang global dari BNP Paribas group aset manajemen. Badan hukum aset manajemen tersendiri dalam BNP Paribas Investment Partners yang disebutkan dalam dokumen ini, (apabila ada) hanya untuk informasi dan dapat tidak memiliki kegiatan usaha dalam yuridiksi anda. Untuk informasi lebih lanjut, mohon dapat menghubungi Investment Partner lokal yang terdaftar.

On the same subject: