The asset manager for a changing world
Dana Sosial 2021 Kitabisa NTT 2_1600_900
  • Home
  • Reksa Dana Syariah BNP Paribas Pesona Syariah Bantu Pulihkan Bencana & Pandemi

Reksa Dana Syariah BNP Paribas Pesona Syariah Bantu Pulihkan Bencana & Pandemi

Product updates

BNP Paribas Asset Management
 

-

Dana Sosial 2021 Kitabisa NTT 2

Dana Sosial 2021 Kitabisa NTT

Pada tahun ini, BNP Paribas Pesona Syariah kembali menyalurkan dana sosial untuk membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan. BNP Paribas Pesona Syariah telah menyalurkan bantuan dana sosial senilai Rp 200juta melalui Yayasan Kita Bisa yang ditujukan untuk bantuan bencana sebagai berikut :

  1. Bantuan Banjir dan Longsor NTT

Bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di NTT bulan April 2021 lalu telah mengakibatkan lebih dari 2.019 Kepala Keluarga (KK) atau 8.424 warga mengungsi serta 1.083 KK atau 2.683 warga lainnya terdampak. Tak hanya itu, setidaknya 2000 unit rumah terdampak termasuk infrastruktur serta fasilitas umum*. Untuk itu, BNP Paribas Pesona Syariah turut membantu meringankan usaha pemulihan warga NTT melalui pemberian bantuan pangan, dapur umum, dan pengobatan warga sebesar Rp 100juta.

*Data BNPB tertanggal 10 April 2021. 

  1. Bantuan Pangan Lansia Dhuafa, Fakir Miskin dan Yatim Dhuafa yang terimbas pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 yang telah menimpa Indonesia serta hampir di seluruh dunia, telah melumpuhkan banyak aktivitas ekonomi masyarakat Indonesia. Pemerintah pun telah mengupayakan berbagai skema untuk membantu meringankan beban masyarakat yang ekonominya terdampak pandemi. Namun bukanlah usaha yang mudah untuk menyalurkan bantuan secara merata, khususnya kepada kaum lansia dhuafa, fakir miskin dan yatim dhuafa. Merespon hal ini, BNP Paribas Pesona Syariah telah menyalurkan donasi untuk Bantuan Bahan Pangan kepada masyarakat di wilayah Jawa Timur yang terimbas Pandemi Covid-19, khususnya untuk kaum Lansia Dhuafa, Fakir Miskin dan Yatim Dhuafa sebesar Rp100juta.

Ini merupakan tahun kedua BNP Paribas Pesona Syariah berkontribusi dalam membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Di tahun 2020, BNP Paribas Pesona Syariah telah menyalurkan donasi sebesar Rp 300juta yang didistribusikan dalam bentuk pembagian paket sembako di 6 panti asuhan di wilayah Semarang yang diserahkan melalui Yayasan Kitabisa serta malekaukan pengadaan mesin ventilator untuk bantuan di rumah sakit yang diserahkan melalui Rumah Amal Salman.

Sesuai peraturan yang berlaku, Reksa Dana Syariah wajib untuk melakukan mekanisme pembersihan kekayaan Reksa Dana Syariah dari unsur-unsur yang bertentangan dengan prinsip Syariah di pasar modal. Untuk itu, dalam rangka memenuhi kewajiban tersebut, BNP Paribas Pesona Syariah berupaya untuk dapat terus melakukan penyaluran dana sosial ini secara berkala setiap tahunnya.

On the same subject: